PT BSP melakukan kegiatan terkait dengan upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Dimulai pada tahun 1914 dengan dibangunnya rumah sakit di Kisaran, yang sekarang bernama Rumah Sakit Umum Ibu Kartini. Dilanjutkan dengan dimilikinya klinik yang terbuka bagi masyarakat sekitar di setiap area dan unit usaha; dan pemberdayaan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) untuk menjaga kesehatan balita dan masyarakat sekitar.

Beberapa layanan kesehatan yang dilakukan PT BSP pada tahun 2018 mencakup Kegiatan donor darah, bantuan posyandu, bantuan makanan tambahan posyandu, pelaksanaan Khitanan Untuk Negeri bekerja sama dengan Yayasan Bakrie Amanah dan Kelompok Usaha Bakrie lainnya, dengan jumlah anak yang dikhitan 88 anak yang diperuntukan bagi anak yang berasal dari keluarga kurang mampu di wilayah sekitar Perusa PT BSP haan Anda.

Sejalan dengan Tujuan ke 3 dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) (Sustainable Developments Goals-SDGs) yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera dengan mengakhiri epidemi AIDS, tuberkulosis, malaria, hepatitis dan penyakit menular lainnya, PT BSP berperan serta secara aktif dalam upaya yang dilakukan Pemerintah untuk mengatasi dan mencegah penularan Tuberkulosis (TBC). Pada tahun 2018, PT BSP memberikan dukungan pada acara jalan dan senam sehat yang diinisiasi oleh Komunitas Masyarakat Peduli Tuberkulosis (KMP-TBC) Kelurahan Karet Kuningan bekerja sama dengan Puskesmas Kelurahan Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan. Kedepannya, inisiatif penanganan TBC akan diperluas di internal BSP.