Bidang pendidikan merupakan prioritas utama dalam program CSR, karena merupakan landasan bagi pengembangan masyarakat yang berkelanjutan. Besarnya perhatian pada bidang pendidikan tercermin dari jumlah dana yang dikeluarkan untuk melaksanakan kegiatan pendidikan setiap tahunnya.


Hingga akhir 2015, PT. BSP telah mendirikan dan membina lima yayasan pendidikan di Unit Usaha:

  • Jambi 1: Yayasan Pendidikan Putri Ayu, Kabupaten Tungkal Ulu;
  • Jambi 2: Yayasan Nusa Cerdas Pertiwi Bakrie, Kabupaten Muaro Jambi;
  • Sumbar: Yayasan Pendidikan Bakrie Pasaman Plantations, Kabupaten Pasaman Barat;
  • Lampung: Yayasan Pendidikan Bina Desa, Kabupaten Tulang Bawang;



Sekolah-sekolah yang dikelola melalui yayasan pendidikan ini telah meraih prestasi dan menjadi sekolah unggulan. PT. BSP telah mengembangkan SD Bakrie Utama Sungai Aur yang berlokasi di Kecamatan Sungai Aur - Pasaman Barat (dalam lingkungan Perkebunan Unit Usaha Sumbar/ BPP) sebagai Sekolah Adiwiyata (berkurikulum berbasis lingkungan). Sekolah ini telah memperoleh penghargaan peringkat Gold dari kegiatan tigatahunan Indonesian CSR Awards 2014 yang diadakan oleh Corporate Forum for Community Development (CFCD) dan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Didirikan pada tahun 2002 di bawah Yayasan Bakrie Pasaman Plantations, saat ini SD Bakrie Utama Sungai Aur memiliki 24 orang tenaga pendidik dan 400 siswa. Sekolah ini juga telah memiliki beberapa lokal kelas jenjang SMP dan beberapa lokal kelas lagi masih dalam tahap pembangunan.

Dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan kualitas proses belajar dan mengajar di sekolah-sekolah dalam lingkungan unit usahanya, PT. BSP juga melaksanakan program penghargaan kepada guru teladan, serta program rehabilitasi dan pengembangan sarana pendidikan dan penunjang.

Beasiswa

Pemberian beasiswa di tahun 2015 tetap melanjutkan program tahun sebelumnya dengan prioritas pada pemberian beasiswa perguruan tinggi serta biaya hidupnya, serta peningkatan layanan pendidikan dan kesejahteraan guru melalui yayasan pendidikan di setiap area usaha yang mengelola pendidikan tingkat TK, SD, dan SMP.