PT BSP melakukan kegiatan terkait dengan upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Dimulai pada tahun 1914 dengan dibangunnya rumah sakit di Kisaran, yang sekarang bernama Rumah Sakit Umum Ibu Kartini. Dilanjutkan dengan dimilikinya klinik yang terbuka bagi masyarakat sekitar di setiap area dan unit usaha; dan pemberdayaan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) untuk menjaga kesehatan balita dan masyarakat sekitar.

PT BSP membina pengembangan spiritual karyawan dan anggota komunitas, dengan tujuan membangun sumber daya manusia dan masyarakat yang berkualitas dan berakhlak baik.

PT BSP secara rutin memperbaiki infrastruktur khususnya jaringan jalan dan jembatan, serta pembuatan taman penghijauan di daerah operasional. Peningkatan kualitas infrastruktur menghasilkan penghematan biaya, membawa dampak positif bagi kegiatan usaha PT BSP serta akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kualitas hidup masyarakat sekitar.

PT BSP memperhatikan generasi muda di lingkungan usahanya, dengan memberi dukungan penuh agar para pemuda mendapatkan ruang untuk mengejar prestasi secara sportif. Beberapa kegiatan yang rutin dilaksanakan adalah turnamen olah raga, pembinaan turnamen eksternal sampai bantuan kegiatan kepemudaan dan bantuan sarana olah raga.

PT BSP berkomitmen untuk mengalokasikan dana dari anggaran tahunan investasi sosial untuk tanggap bencana. Pada tahun 2018 PT BSP memberikan bantuan rehabilitasi untuk pembangunan sarana dan prasarana warga penyintas bencana gempa NTB dan Sulawesi Tengah. Pembangunan tersebut meliputi pembangunan hunian sementara, posyandu dan sumur bor bagi warga desa Medana, Tanjung Lombok Utara; serta pembangunan ruang pendidikan ramah anak bagi warga desa Lero, Donggala, Sulawesi Tengah.