Penyulingan dan Fraksinas

Fasilitas Penyulingan dan Fraksinasi PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk juga terletak dekat akses jalan PT INALUM di Kuala Tanjung, Batu Bara, Sumatera Utara, Indonesia dan dijadwalkan beroperasi pada 2011.

Proses penyulingan , penjernihan dan menghilangkan Bau

Proses ini adalah penting untuk memastikan ketidakadaan senyawa perekat, lilin, fosfatida dan asam lemak bebas (FFA) dari minyak, untuk memberikan warna yang seragam dengan menghilangkan pigmen pewarna dan untuk menyingkirkan bau yang tidak menyenangkan dari minyak.
Produk minyak sawit dihasilkan dengan proses penggilingan dan pemurnian, proses pertama adalah fraksinasi yakni dengan kristalisasi dan proses pemisahan yakni menghasilkan bentuk padat (yakni stearin), dan bentuk cair (yakni olein). Proses degumming adalah proses untuk menghilangkan kotoran pada minyak. Selanjutnya minyak dibersihkan dan dijernihkan. Berikutnya proses menghilangkan bau dan warna.
Pada prinsipnya, proses ini disederhanakan menjadi:

  • Menjaga lemak pada suhu terkontrol untuk memungkinkan kristalisasi, dan
  • Pemisahan kristal yang terbentuk

Produk dari Palm Oil Refinery dan Fraksinasi

Palm Olein
palm_olein.png Palm olein adalah fraksi cair yang diperoleh dari fraksinasi minyak sawit setelah terkristalisasi pada suhu terkontrol. Hal ini sepenuhnya cair dalam iklim yang hangat dan memiliki kisaran sempit gliserida.
Palm olein banyak digunakan sebagai minyak goreng dan ini sangatlah popular hal ini disebabkan oleh ketahanan yang baik terhadap oksidasi dan tidak terjadinya kerusakan produk pada suhu penggorengan serta waktu kadaluarsa yang lebih lama.
Palm Stearin
palm_stearin.png Palm stearin adalah fraksi lebih solid yang diperoleh dari fraksinasi minyak sawit setelah kristalisasi pada suhu terkontrol. Palm stearin sangat baik sebagai komponen lemak padat alami bagi produk-produk seperti shortening , kue , roti dan margarin.
Palm Fatty Acid Distillate (PFAD)
pfad.png Asam lemak sawit hasil destilasi adalah produk yang beraroma harum dan merupakan produk sampingan dari Proses Penyulingan dan Fraksinasi Minyak sawit kandungannya terdiri dari beberapa ester gliserol dan juga terdiri dari sedikit komponen bahan baku. Berwarna coklat muda pada suhu ruangan dan berubah warna menjadi coklat apabila dipanaskan.
PFAD banyak digunakan sebagai bahan dalam industri pakan ternak baik sebagai asam bebas dan sebagai sabun kalsium.
PFAD digunakan untuk usaha binatu dan pembuatan sabun. Asam lemak dari PFAD juga bisa diesterifikasi dan produknya menjadi bahan baku untuk industri oleokimia dan biofuel.
Pabrik penyulingan dan Fraksinasi di Kuala Tanjung
refinery_and_fractionation_plant.png